Berita

Mentan RI Syahrul Yasin Limpo: Pengembangan Food Estate Dilakukan Secara Modern

Jumat, 09 Oktober 2020 - 10:28
Mentan RI Syahrul Yasin Limpo: Pengembangan Food Estate Dilakukan Secara Modern Mentan RI Syahrul Yasin Limpo mendampingi Presiden Jokowi tinjau kawasan food estate di Kalteng. (FOTO: Kementan RI).

TIMES KENDARI, JAKARTAMentan RI Syahrul Yasin Limpo mendampingi Presiden RI Jokowi meninjau kawasan lumbung pangan atau food estate di Kalimantan Tengah, Kamis (8/10/2020). Menurut Syahrul, food estate merupakan salah satu Program Strategis Nasional 2020-2024 guna membangun lumbung pangan nasional. 

"Upaya ini dapat menciptakan lapangan kerja di pedesaan, pemberian perlindungan sosial, meningkatkan pendapatan keluarga petani, serta memastikan ketahanan pangan nasional," ucap Syahrul dalam keterangan tertulis, Jumat (9/10/2020).

Syahrul menyampaikan bahwa pengembangan kawasan food estate di Provinsi Kalteng, dilakukan dengan teknologi optimalisasi lahan rawa secara intensif, guna meningkatkan produksi dan indeks pertanaman (IP). 

Sementara, pengembangan pertanian dilakukan melalui teknologi modern  yang sudah ada. Kawasan pengembangan food estate, akan dibangun model bisnis korporasi petani dengan melibatkan kelompok tani di lahan per 100 ha, dan gabungan kelompok tani (Gapoktan) di lahan per 1000 ha.

"Semua dalam bentuk hilirisasi dan semua industrinya harus dirancang dengan baik. Pengembangan lahan food estate ini merupakan model percontohan, sehingga didalamnya kita harus kembangkan korporasi dalam kelompok yang besar," tuturnya. 

Saat ini, khususnya pada masa pandemi Covid-19, sektor pertanian  memberikan pertumbuhan positif sebesar 16,24% pada kuartal II (q to q). Oleh karena itu diperlukan upaya khusus untuk tetap mempertahankan keamanan dan ketersediaan pangan demi terciptanya kondisi masyarakat yang damai dan sejahtera. 

"Kita semua harus  bekerja keras dan bekerja sama dilandasi dalam upaya penyediaan tambahan stok pangan nasional. Semoga wabah ini segera berakhir dan aktifitas kembali normal, sehingga perekonomian masyarakat bangkit kembali," kata Mentan RI Syahrul Yasin Limpo saat ikut meninjau kawasan food estate di Kalteng. (*)

Pewarta : Hasbullah
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Kendari just now

Welcome to TIMES Kendari

TIMES Kendari is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.